0818399599 - 081318391699 - PIN : 73CC4CAE surjansjah@gmail.com

Bisakah Emosi Negatif Dihilangkan?

Bisakah Emosi Negatif Dihilangkan?

Dalam hidup ini tidak hanya ada kegembiraan, tapi ada juga kemarahan, kesedihan, kekecewaan, dan berbagai duka yang sudah ada sejak awal dunia. Dalam buku-buku atau pelatihan pengembangan diri sering kita baca dan kita dengar tentang positive thinking, positive feeling, dan ajakan untuk selalu mempertahankan rasa happy agar menarik kejadian-kejadian positif dalam hidup kita. Kita selalu dianjurkan untuk mengeliminasi emosi negatif.

Pertanyaannya, bisakah emosi negatif dihilangkan?

Sayang sekali, tidak bisa.

Kenapa?

Karena emosi atau dalam bahasa Inggrisnya Emotion adalah singkatan dari Energy in Motion alias energi yang bergerak, dan hukum kekekalan energi mengatakan bahwa energi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya dapat diubah dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya.

energi tidak bisa dimusnahkan

Berdasarkan hukum kekekalan energi itu maka jelaslah bahwa emosi negatif pun tidak akan pernah bisa dihilangkan. Tapi kita hanya bisa mengelolanya agar tidak menguasai pikiran dan jiwa kita.

Sampai kapanpun positif dan negatif akan tetap ada dan harus ada untuk keseimbangan alam semesta, karena marah dan sedih pun bahkan ada kalanya diperlukan untuk kebaikan.

Tugas kita sekali lagi hanya mengelolanya agar tidak menghasilkan efek yang buruk khususnya untuk kesehatan, karena seperti kita ketahui, emosi negatif yang terpendam bisa menyebabkan penyakit kronis, bahkan yang terburuk adalah kanker.

Kita tidak mungkin happy terus 24 jam dalam sehari non stop. Pasti ada saat-saat dimana kita merasa bosan, marah, kesal, bahkan sedih karena berbagai sebab. Itu manusiawi, dan kita tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari kodrat ini.

Tetapi kita cukup sadari hal yang simple ini saja, dalam aktivitas kita sehari-hari, kira-kira emosi kita lebih dominan positif atau negatif?

Kita lebih banyak bersyukur atau banyak mengeluh?

Kita lebih banyak memikirkan hal yang memberdayakan atau hal-hal yang melemahkan?

Apa yang dominan kita pikirkan dan kita bicarakan sejak awal bangun pagi hingga menjelang tidur di malam hari?

Jika emosi negatif lebih dominan dalam keseharian Anda, maka inilah saatnya untuk membalikkan situasi dengan lebih banyak memikirkan, mengucapkan, serta melakukan hal-hal yang mengundang energi positif untuk Anda.

Bahkan jika emosi negatif tersebut hadir tanpa diminta, maka cukup sadari saja keberadaannya, terima perasaan apapun yang muncul saat itu, tapi kendalikan jangan sampai emosi yang mengendalikan, kalau perlu tenangkan dulu diri Anda dan jangan lakukan apa-apa hingga emosi negatifnya reda.

Sekali lagi, emosi negatif tak akan pernah bisa dihilangkan, tapi kendali tetap ada di tangan kita. Saat emosi negatif itu hadir kita bisa memilih untuk terus tenggelam dalam emosi negatif, atau mengembalikan kesadaran kita kepada hal-hal yang lebih memberdayakan.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kita semua.

Mengatasi Masalah Keuangan Dengan Mengubah Belief
Cara Menghilangkan Rasa Sakit Hati Yang Mendalam

Share This: