0818399599 - 081318391699 - PIN : 73CC4CAE surjansjah@gmail.com

Cara Menghilangkan Mental Miskin Penghambat Keberlimpahan

Cara Menghilangkan Mental Miskin Penghambat Keberlimpahan

Salah satu hambatan untuk mencapai keberlimpahan adalah ketika seseorang secara sadar atau tidak masih memiliki pola tidak memberdayakan yang berupa mental miskin.

Apa Itu Mental Miskin?

Apakah berarti orang yang hidup miskin dan cuma bisa meminta-minta? Tidak mau bekerja tapi ingin punya uang banyak?

Ya, itu beberapa contoh kecilnya, tapi masih ada ciri lain dari mental miskin yang mungkin tidak disadari selama ini.

Ciri Mental Miskin

Seorang psikolog bernama Roslina Verauli menjelaskan bahwa berdasarkan survei di Amerika Serikat menunjukkan ternyata ditemukan bahwa pegawai dengan penghasilan rendah justru banyak menghabiskan uangnya untuk membeli gadget. Uniknya di sana, semakin kecil gajinya, semakin bagus gadgetnya.

Nah, apakah ini terjadi juga di negara kita? Terutama pada Anda?

Perlu kita sadari bahwa ciri mental miskin lainnya adalah

  • Tidak bijak dalam membelanjakan uang
  • Sok bergaya hidup mewah
  • Mengutamakan gengsi di atas segalanya
  • Silau dengan pencitraan

Ketika baru dapat uang yang lumayan banyak, maka orang yang bermental miskin akan membelanjakan uangnya untuk hal-hal yang sebenarnya bisa ditunda karena tidak penting-penting amat. Gonta-ganti gadget adalah salah satu bentuk pemborosan yang bisa diakibatkan oleh butuh pengakuan, misalnya karena orang sekelilingnya sudah pakai iPhone, tapi dia masih pakai gadget butut yang masih jadul, belum touch screen dan ringtonenya masih polyphonic, maka dia bertekad kalau dapat uang cukup banyak, dia akan membeli iPhone yang sebenarnya tidak dibutuhkan, tapi seringkali orang seperti ini membuat pembenaran, misalnya kalau dia pakai iPhone, maka wibawanya akan naik sehingga orang akan lebih percaya padanya, dan bisa dapat proyek besar. Tapi apakah kenyataannya seperti itu? Apakah iPhone itu akan Anda tenteng sepanjang jalan biar semua orang tahu bahwa Anda pakai iPhone?

Faktanya justru kebanyakan orang tidak peduli gadget apa yang Anda gunakan, bahkan kalaupun ada yang melihat Anda pakai handphone jadul sehingga Anda ditertawakan, percayalah orang tersebut tak akan punya waktu untuk menertawakan Anda tiap hari tiap saat tiap detik. Jika Anda beli iPhone hanya untuk diakui orang lain bahwa Anda tidak miskin, maka hidup Anda ada dalam kendali omongan orang lain.

Orang yang bermental miskin cenderung mengabaikan pengaturan pengeluaran, apalagi ketika baru dapat uang banyak, maka dia akan gunakan uang itu untuk mendapatkan kesenangan yang selama ini tidak dia dapatkan, dan juga untuk mendapatkan pengakuan dari banyak orang.
Ketika baru menang undian, atau dapat proyek dalam nilai besar, atau baru jual rumah, maka bukannya uangnya digunakan untuk membangun asset, dia malah terjebak dalam foya-foya, menghabiskan uang untuk membeli kesenangan, dan ironisnya ada yang akhirnya kembali jatuh miskin, bahkan bisa lebih miskin dari sebelumnya.

Kenapa Seseorang Bisa Bermental Miskin?

Ciri mental miskinTerlalu lama hidup dalam kesulitan finansial dapat menyebabkan seseorang mengidap mental miskin yang menghambat hidupnya. Pola asuh masa kecil dan trauma kemiskinan di masa lalu juga dapat memengaruhi pola pikirnya hingga dewasa. Makanya tidak heran jika ada orang yang usianya sudah tua, hampir 70 tahun misalnya, tapi masih memaksa anaknya untuk setor uang sejumlah tertentu setiap bulan yang dia gunakan untuk bersenang-senang. Jangan salah, orang seperti ini memang ada, dan yang jadi korban adalah anak-anaknya karena mereka dipaksa bekerja keras demi menyenangkan orang tua, dan hasil jerih payah mereka malah dinikmati oleh orang tua yang tidak peduli anaknya kesusahan atau tidak, bahkan ketika si orang tua menelpon anaknya, yang ditanyakan bukan kabar sang anak, melainkan kenapa si anak belum kirim uang.

Ketika mental miskin tumbuh akibat pola asuh dan trauma masa lalu, maka tidak heran jika orang yang mengidap mental miskin tersebut akan selalu beranggapan bahwa uang adalah segalanya, uang adalah sumber kebahagiaan, semua masalah akan beres kalau ada uang, akibatnya uang menjadi tuhan yang baru baginya.

Mengobati Mental Miskin

Mental miskin adalah mental block, terkadang butuh terapi seperti hipnoterapi untuk mengatasinya. Tetapi secara sederhana, cara menghilangkan mental miskin adalah dengan melatih diri untuk menumbuhkan kesadaran, bahwa meskipun hampir segalanya butuh uang, tapi uang bukanlah segalanya. Mereka yang pernah mengalami kejadian yang mengerikan misalnya orang yang selamat dari kecelakaan pesawat, akan menyadari bahwa uang tak lagi berharga saat pesawat jatuh, tak akan ada malaikat maut yang bisa disogok agar dia diselamatkan dari kematian.

Mereka yang sakit keras yang sulit disembuhkan meskipun punya uang banyak dan bisa bayar rumah sakit terbaik di dunia pun, akan menyadari bahwa uang bukanlah segalanya dan uang tak selalu bisa menjadi solusi dari kesehatannya.

Mereka yang kaya raya tapi hatinya hampa karena konflik keluarga yang menyebabkan keluarga tercerai berai akan menyadari bahwa uang bukanlah segalanya, uang tak akan bisa digunakan untuk membeli hati orang-orang yang mereka sayangi agar mau kembali ke rumah.

Mereka yang kaya tapi anaknya terlibat narkoba akan menyadari bahwa uang ternyata tak bisa membuat anak mereka menjadi baik, karena ada hal lebih berharga yang dibutuhkan oleh sang anak dan tak bisa dinilai dengan uang, yaitu perhatian.

Jika uang adalah segalanya bagi Anda dan Anda ingin dapat uang dengan cepat dan mudah, apakah Anda bersedia jika ada yang mau memberikan uang sebanyak-banyaknya tapi syaratnya harus ditukar dengan kedua bola mata Anda? Atau kedua tangan Anda? Atau kedua kaki Anda?

Jika Anda masih menggunakan akal sehat, maka Anda pasti tidak mau menukarnya dengan uang, karena semua itu adalah hal-hal yang tak bisa ditukar dengan uang sebesar apapun.

Mental miskin adalah pola pikir yang dibentuk oleh lingkungan dan tidak terjadi atas keinginan kita sendiri. Karena itu kita pun bisa memilih untuk lepas dari pola yang tidak memberdayakan dan justru malah menghambat datangnya keberlimpahan.

cara menghilangkan mental miskin

Uang bisa dicari, kita bisa bekerja untuk mendapatkannya, tapi semua dimulai dari pola pikir kita. Karena pikiran akan menjadi tindakan, tindakan akan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan itu pula yang akan menjadikan seperti apa hidup kita ke depannya.

Saya doakan semoga Anda semua senantiasa hidup dalam keberlimpahan yang berguna bagi diri sendiri serta orang banyak, dan jangan ragu untuk share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Terima kasih telah mengunjungi website Cahaya Hipnoterapi

Cara Mengatasi Marah: Tips Mengontrol Emosi Untuk Kesehatan
Apakah Hipnoterapi Itu Dan Apa Manfaatnya?

Share This: